Monday 1 September 2014

Budidaya ikan lele sangkuriang

Cara Budidaya Ikan lele Sangkuriang di kolam Terpal

Inilah Panduan Cara Budidaya Lele Sangkuriang di Kolam Terpal. Bagi anda yang ingin melakukan budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal, tulisan saya mengenai Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal ini bisa anda jadikan sebagai salah satu referensi. Semoga usaha budidaya anda berhasil.

Dalam budidaya Ikan, hal yang paling penting untuk dimilki adalah Kolam. Pembangunan Kolam membutuhkan biaya yang lumayan besar. Tapi saat ini sudah ada kolam yang lebih praktis, lebih mudah dibuat dan lebih murah yaitu Kolam terpal. Penggunaan kolam terpal sudah mulai populer digunakan oleh para pembudidaya ikan. Penggunaan dan pembuatan kolam terpal ini bisa dilakukan oleh semua orang.
budidaya ikan leledi kolam terpal

Ada beberapa jenis Kolam terpal jika ditinjau dari segi model peletakannya. Jenis kolam terpal tersebut antara lain :
Full diatas Tanah
Setengah ditanam
Full dalam tanah
ketiga Model tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saya akan menuliskan cara membuat kolam terpal yang ful diatas tanah. Bahan-bahan yang di perlukan dalam pembuatan kolam terpal (dengan ukuran kolam saya 3×7 meter persegi):
1. Bambu
2. Paku dan kawat
3. terpal ukuran 6×10 meter2
4. Pipa paralon dan knee
5. Kapur yang biasa kita gunakan untuk mencat pagar
6. Kotoran ayam/sapi/kambing untuk pemupukan kolam

Setelah bambu di ukur tinggi tiang kurang lebih tingginya 1,5 meter ditancapkan dan dibuat rangka segi empat dengan ukuran 3×7 meter, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan terpal dan jangan lupa pemasangan pipa paralon yang telah di bentuk “L” guna masuk dan keluarnya air paralon ini bsa dipasang di pinggir, disudut, maupun di tengah kolam itu terserah anda yang menentukan.

kolam dicat kapur kemudian dibilas bersih sebanyak 2x dan dikeringkan untuk menghilangkan zat-zat racun yang ada di terpal.

Kolam diisi air dengan ketinggian kurang lebih 50 cm, kemudian masukkan kotoran ayam/sapi/kambing, setelah itu, endapkan selama kurang lebih 3 hari. Hal ini bertujuan agar organisme tumbuh di kolam terpal yang nantinya berfungsi sebagai makanan tambahan benih ikan lele sangkuriang di kolam terpal tersebut.

Silahkan tebar bibit lele sangkuriang anda dengan rumusan 1×1 meter persegi isi max 100 ekor. Insya Allah dalam 2 bulan sudah bisa dipanen.

Lele Sangkuriang merupakan ikan ini yang tahan penyakit dalam bertelur bisa menghasilkan telur 6000 buah sedangkan lele dumbo hanya 4000 buah, untuk pakan bisa kita tekan sehingga kita dapat mendapat hasil yang memuaskan dengan masa panen cukup dengan waktu 2 s/d 3 bulan.

No comments:

Post a Comment